Beranda » Carica » Carica Dieng

Carica Dieng

by admin

Tentang Carica Dieng

Carica Dieng memiliki nama latin (binomial) Carica pubescens, dan Carica candamarcensis. Merupakan buah pepaya gunung, berukuran kecil, kurang lebih sekepalan tangan. Carica Dieng juga dikenal dengan sebutan pepaya mini. Bentuk tanaman dan buahnya mirip dengan pepaya biasa, hanya ukuran buahnya saja yang lebih kecil. Carica Dieng berasal dari dataran tinggi Andes, Amerika Latin. Mulai diperkenalkan ke Indonesia pada masa pemerintahan kolonial Belanda, dan dibudidayakan di beberapa dataran tinggi. Namun pada saat ini buah carica sulit ditemukan di dataran tinggi selain Dieng. Oleh karena itulah tanaman yang menyukai dataran tinggi basah ini kemudian dikenal dengan nama Carica Dieng.

Buah carica diolah menjadi produk minuman, berupa sirup. Daging buahnya yang tipis dan berasa sedikit asam sangat enak dinikmati dengan sirup atau manisan segar. Kuah manisan dibuat dengan mencampurkan biji carica yang mengandung aroma sangat harum. Sehingga manisan carica memiliki aroma khas yang tidak ditemui dalam produk manisan lain. Oleh karena itulah manisan carica Dieng menjadi salah satu produk oleh-oleh khas Dataran Tinggi Dieng dan Wonosobo.

Manisan carica mulai populer di Indonesia seiring dengan meningkatnya jumlah wisatawan ke Dieng. Banyak wisatawan dari berbagai kota di Indonesia yang memesan kembali manisan carica di toko-toko penjual oleh-oleh online karena cita rasanya yang enak dan produknya masih sulit ditemukan diluar kota di Wonosobo dan Dieng. Untuk itu, kami menyediakan beberapa pilihan produk manisan carica Dieng mulai dari kelas murah hingga premium.

Manfaat Carica Dieng

Buah carica Dieng memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan. Kandungan nutrisi, vitamin, dan senyawa kimia pada buah carica sangat dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan serat yang tinggi, vitamin A, C, dan senyawa papain membuat buah carica berkhasiat ampuh untuk menjaga kesehatan Anda. Berikut beberapa manfaat buah carica Dieng :

  • Buah carica bermanfaat untuk membantu proses pencernaan karena memiliki kandungan serat yang tinggi.
  • Tingginya kandungan enzim papain membuat buah carica berkhasiat untuk menenekan patogen dan menetralkan pH dalam tubuh.
  • Kandungan vitamin A lebih tinggi dari wortel, sangat baik untuk kesehatan mata. Selain itu buah carica juga mengandung vitamin C cukup tinggi, sehingga bermanfaat untuk mengurangi radikal bebas maupun meningkatkan kesehatan kulit.
  • Buah carica juga mengandung vitamin B cukup tinggi, sehingga bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme dan menghasilkan energi tambahan.
  • Kandungan zat agrinin pada buah carica bermanfaat untuk mengurangi pertumbuhan sel kanker.

Tinggalkan Balasan